Risiko Terlahir dari Keluarga Miskin

Sumber: https://www.google.com/imgres?imgurl=https%3A%2F%2Fasset.kompas.com%2Fcrops%2FRAFdB1EIiOxUFK_WmiYt9fayP_8%3D%2F0x0%3A780x390%2F750x500%2Fdata%2Fphoto%2F2014%2F06%2F30%2F1321115bantar-gebang2780x390.jpg&imgrefurl=https%3A%2F%2Fwww.kompas.com%2Ftren%2Fread%2F2019%2F11%2F15%2F070000565%2Fdi-indonesia-anak-miskin-akan-tetap-miskin-ketika-dewasa%3Fpage%3Dall&docid=xms5LjDOP3Xx_M&tbnid=H242hRxxxq3yNM&vet=1&source=sh%2Fx%2Fim


Ada kalimat motivasi yang cukup populer dari sang billioner dunia, bos microsoft, Bill Gates, bagi mereka yang mempunyai nasib yang kurang bagus dalam jenjang kariernya di dunia, kira-kira kalimatnya begini: "bukan salah kamu ketika kamu terlahir miskin, tetapi jika kamu mati dalam keadaan miskin, sudah pasti itu kesalahan kamu". 


Miskin & Kaya merupakan term paling buruk ketika digunakan seseorang untuk menjudge dan melancarkan serangan psikis brutal tak berperikemanusiaan kepada manusia lain yang tidak punya kekuatan - kesenjangan selalu diagungkan oleh mereka yang duduk disinggasana kekayaan, sedangkan manusia lain yang melata hanya bisa tertawa apabila menemukan roti sisa si bangsawan.


Jika merujuk pada kalimat indah mas Bill Gates tadi, apakah sang kaya tidak berdaya ketika dirinya secara sadar ataupun tidak sadar telah menindas si miskin karena terlahir dari org kaya? Atau sebaliknya, si miskin memang selayaknya ditindas oleh sang kaya karena dia terahir dr keluarga miskin? Atau justru, Tuhan terlalu becanda dalam membuat rule of life sehingga tercipta peradaban yang penuh kesenjangan? Atau justru memang penulis aja yang kurang kerjaan bikin tulisan unfaedah semacam ini.... Bruhhh, anda yang memutuskan untuk memilih jawaban, termasuk selain dari jawaban diatas. 

Oke next (kita akan membuat beragam hipotesa:v)


1. Terlahir miskin memang bukan kesahalan kamu, tapi kesahalan keluarga kamu! 

Coba bayangkan kalau keluarga kamu kaya, ayah kamu pekerja keras, tidak leha-leha, punya jenjang pendidikan yang tinggi dan karier yang menjanjikan, apakah kamu akan miskin? TIDAK!! Sebaliknya, ayah kamu leha-leha di masa muda, tidak nurut, badung, dll. Ya jadinya seperti sekarang, kamu jadi miskin! 

Tp lantas akan terus menyalahkan si Ayah kolot yang taunya hanya teknik jilq-nya Ma Erot? 


2. Terlahir miskin memang bukan kesalahan kamu, tapi kesahalan Tuhan yang terlalu becanda!

Bisa-bisanya dilahirkan di keluarga yang miskin, kita jadi punya gelar AMIS "Anak Miskin", kalau saja ruh kita ditiupkan kepada ibu yang rupawan dan ayah yang dermawan, masa depan pasti tercerahkan! Tidak menderita, setidaknya tidak mnejalani kehidupan yang sedikit-sedikit tidak punya uang...... Arrrghhhttt 

Tapi apakah memang uang dapat terus mengalirkan selaksa harapan masa depan yang menjanjikan?





Bersambung.....




Ws Triyana


SHARE

Dewana R Triyana

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image

0 komentar: